Melukis Penari Gending


Pada artikel kali ini saya akan mengajarkan cara mengambar penari gending Sriwijaya. Adapun teknik dasar ini bisa Anda terapkan untuk melukis objek lainnya.
Langkah pertama adalah menentukan objek yang ingin digambar. Kali ini saya menggunakan foto seorang penari gending sriwijaya, seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Langkah kedua membuat kerangka. Ini adalah hal dasar yang Anda akan lakukan ketika mengambarkan sebuah objek manusia. Itu juga yang menjelaskan mengapa penting sekali bagi Anda belajar cara melukis manusia dari tulang rangkanya, serta bagaimana agar diperoleh proposi dan gesture/sikap yang enak dilihat. Hasil pada langkah awal ini adalah sebuah gambar manusia yang masih berupa kerangka.

Langkah ketiga mendetailkan objek. Pada tahap ini Anda menambahkan goresan sehingga objek perlahan mulai menyerupai objek. Pada gambar di bawah terlihat bagaimana saya mulai mempertegas gambar tubuh sang penari, pemenambahkan topi, sarung sehingga Anda sudah bisa mengenali objek lukisan saya.



Langkah keempat finishing. Pada bagian ini Anda bisa menambahkan arsiran  atau memberikan warna. Untuk gambar penari gending, saya  hanya mempertegas objek lukisan saya dengan pulpen berwarna hitam agar garis-garisnya menjadi lebih tegas. Sehingga kini sang penari terlihat lebih hidup, seperti terlihat  pada gambar di bawah.



Anda juga bisa  berlatih dengan mencari objek manusia lainnya dan mulai mengambarnya dengan langkah-langkah seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

2 komentar: