Do More and Dapatkan Hasil Terbaik



Dalam melukis wajah butuh konsentrasi, agar hasilnya mirip dengan objek aslinya. Kali ini saya mencoba melukis wajah kakak saya yang tertua, yaitu mulai dari skets, lalu rendering, setelah saya cek hasilnya nampak lebih gemuk. Lalu saya coba pelajari lagi dimana letak perbedaannya. Ternyata daerah rahang lebih lebar beberapa milimeter saja.



Sebetulnya ada aturan-aturan yang harus kita ikuti dalam melukis wajah agar diperoleh hasil yang mendekati objeknya. Referensi saya adalah buku yang berjudul' Drawing the Head and Figur' karangan 'Jack Hamm'.
 Dalam buku tersebut penulis menekankan agar tidak terlalu takut hasil tidak sama dengan aslinya. "Every face you do will look slightly different. Don't stop with one. Carefully draw a dozen or more until they begin to look right,” ungkapnya.
Demikian juga pendapat perupa dari "Pelukis Merdesa", yang penting "Quantitas", bukan "Qualitas". Demikian juga pendapat seniman dari Pasar Seni Ancol, yang selalu menggunakan nama alias, J M T, "kalau Anda buat 10 buah lukisan yang sama, pasti ada 1 yang berhasil"
Demikian motivasi dari saya, selamat mencoba, dan bergembira dengan hasil anda sendiri, selalu sehat dan bahagia.

1 komentar: